Pertamina EP Tanam Pohon Bakau dan Cemara di Pesisir Tuban

PT Pertamina EP terus berupaya menjalankan program-program yang mendukung kelestarian lingkungan dan konservasi sumber daya alam. Salah satunya diwujudkan oleh unit Asset 4 Sukowati Field, yang mempunyai komitmen untuk menanam pohon bakau (mangrove) dan cemara di pesisir pantai utara (pantura) Desa Jenu, Kecamatan Tuban.

Bekerja sama dengan Mangrove Center, Pertamina EP Asset 4 sudah menanam sekitar 4.000 batang pohon pada tahun lalu. Secara keseluruhan, Pertamina EP sudah berkontribusi menanam 12.000 batang pohon yang dirintis dari tahun 2016.

Kegiatan tersebut membuahkan hasil berupa pertumbuhan tanaman Bakau sebesar kurang lebih 200 cm yang ditanam pada tahun 2016 dan tahun 2017 dan tingkat perkembangan kurang lebih 80 persen.

Public Relation Manager PT Pertamina EP Hermansyah Y Nasroen menjelaskan bahwa program penanaman bakau merupakan bentuk kepedulian perusahaan terhadap lingkungan. Menurutnya, pananaman bakau bertujuan untuk mencegah abrasi kawasan pantai dari gerusan gelombang saat air pasang.

“Diharapkan dengan adanya penanaman mangrove, maka ekosistem laut tumbuh, biota laut dapat kembali muncul. Selain itu penanaman yang telah dilaksanakan dapat menyelamatkan ekosistem pesisir pantai,” ungkapnya.