Drip Capital Luncurkan Produk Inventory Financing GoTrade

Jurnalbisnis – Drip Capital, Inc., melalui Go Trade, anak perusahaan yang menangani trading, telah menandatangani kesepakatan senilai US $ 4 juta dengan importir makanan laut AS yang berbasis di New Jersey.

Akses ke modal kerja telah menjadi masalah di kalangan UKM, dan akibatnya importir AS harus membayar pemasok setelah pengiriman disetujui Food and Drug Administration (FDA). Proses ini bisa memakan waktu lebih dari satu minggu hingga beberapa bulan, yang mengakibatkan modal kerja pembeli tertahan selama masa tunggu.

Salah satu Importir AS yang juga nasabah Drip Capital menjelaskan bahwa di tengah modal kerja yang terbatas dan berkurangnya jumlah pesanan baru, adanya fasilitas kredit GoTrade telah membantu mereka mendapatkan pengiriman 50% lebih banyak selama musim puncak, sehingga dapat melayani mitra ritel secara efisien, serta tidak terlibat dengan persyaratan kredit yang rumit dan mahal yang diminta para pemasok mereka di Indonesia dan Vietnam.

Ada permintaan yang signifikan untuk opsi pembiayaan alternatif secara global, terutama di antara negara yang bergantung pada UKM.

Drip Capital menawarkan produk inventory financing kepada importir di AS selama sekitar satu tahun, dan sebelumnya, perusahaan yang berbasis di Palo Alto ini telah memberikan solusi pembiayaan post shipment financing kepada UKM di India dan Meksiko. Sejauh ini, fasilitas kredit yang telah dikucurkan senilai US $ 800 juta kepada lebih dari 400 eksportir di India dan Meksiko.

Berbicara tentang perkembangan, Pushkar Mukewar, Co-Founder dan Co-CEO, Drip Capital Kamis (14/05) mengatakan, “Nilai inti perusahaan adalah berinovasi dan menyelesaikan masalah komunitas ekspor-impor. Go-Trade merupakan bagian dari upaya untuk menyelesaikan masalah modal kerja di antara komunitas importir AS.”

Go-Trade menyediakan fasilitas kredit yang bisa dimanfaatkan importir/trader di AS dengan menjaminkan inventory kepada Drip Capital, mulai dari in-transit shipment hingga unsold inventory di gudang mana pun, UKM dapat menjual inventaris mereka ke Drip untuk menyelesaikan masalah modal kerja mereka. Sebagai gantinya, Drip akan melepaskan 80% dari nilai inventory dimuka. UKM dapat membeli kembali inventory saat dan ketika mereka perlu menjual komoditas kepada pihak lain seperti supermarket, dalam jumlah berapa pun.

Misalnya, UKM di AS mengimpor 40.000 kg udang senilai US $ 200.000 dari India. Selanjutnya importir itu dapat menjual inventorynya ke Drip Capital dan mendapatkan 80% pembayaran, yaitu US $ 160.000 di muka. Drip kemudian akan menyimpan inventory ini di fasilitas pergudangan umum sampai importir itu kembali membeli kembali sisa inventorynya dalam jangkan waktu 90 hari atau tiga bulan.

Menjelaskan solusinya lebih lanjut, Neil Kothari, Co-Founder dan Co-CEO, Drip Capital menyatakan, “UKM tidak harus membeli kembali seluruh inventory sekaligus; sebaliknya, dapat membeli inventory tergantung pada pesanan yang diterima. UKM dapat memanfaatkan fasilitas kredit hingga US $ 2.5 juta hanya dengan satu klik dan tanpa dokumen.”

Drip Capital bertujuan untuk memfasilitasi lebih banyak UKM di AS dan membantu memfasilitasi kredit modal kerja dengan membeli inventory mereka melalui solusi ini.

“Drip juga telah mendanai in-transit kargo yang memungkinkan kami membayar pemasok atas nama pembeli bahkan sebelum kargo mencapai pelabuhan di AS,” tambah Kothari.

Drip Capital juga tetap berkomitmen mendukung nasabah lama dan baru di pasar AS meskipun terjadi gejolak pandemi COVID-19.

Mukewar mengkonfirmasi pendirian perusahaan dengan mengatakan, “Kami telah menerima banyak pertanyaan tentang dampak pandemi COVID-19 pada perdagangan, dan pada penawaran kami. Tim di Drip Capital yakin perdagangan internasional untuk komoditas penting seperti produk seafood dan daging akan terus berlanjut meskipun dalam situasi saat ini. Kami memfokuskan upaya membatasi gangguan pada nasabah dan akan terus mendukung mereka dengan memfasilitasi dan membantu kebutuhan modal kerja.”

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Solusi Pembiayaan Perdagangan Drip Capital silahkan menghubungi arry.raymond@indoconext.com